Kamis, 09 April 2015

Persiapan Umroh

Berhubung ini perjalanan aku yang pertama menuju Tanah Suci (selain mbak, kakak ipar, umyku, abahku karena sudah pernah melaksanakn ibadah haji) *Insya Allah akan ada yang berikut-berikutnya hehe*, maka belum ada gambaran yang jelas tentang seperti apa nanti suasana di sana. Googling2, jalan-jalan di blog orang yang pernah umroh dan baca-baca pengalaman mereka, lumayan lah jadi tau harus siap-siap apa saja selama di sana, walaupun semua pengalamnya tak akan sama tapi ya lumayan bisa buat referensi. 




Nah, selain persiapa fisik dan mental, persiapan barang-barang bawaan juga tak kalah penting. Bawa apa aja sih untuk umroh dan ini hasilnya dari berbagai sumber yang aku jelajahi di dunia blogger (yah, mix and match gitu lah) dan aku terapkan untuk bawaanku ke Tanah Suci:

1. Al-Qur’an dan buku Doa.
Al-Qur’an berguna banget buat ngaji di pesawat dan ngaji di masjid walaupun banyak Al-Qur’an di masjid tapi pas kejadian aku pernah sholat di pelataran masjid dan di sana nggak ada Al-Qur’an, jadi bawa sendiri buat jaga-jaga lebih baik.

2. Pakaian Ihrom (putih) 2pcs.
Kenapa 2pcs? Karena buat umroh pertama dan buat umroh ke dua.

3. Baju gamis 7pcs, daster 1pcs, baju tidur 1pcs, baju batik dari travel 1pcs.
Karena aku ambil paket yang 9 hari jadi 7pcs gamis buat 7 hari di saudi, kalo mau bobo pake baju tidur 1pcs aja cukup buat seminggu karena cuman buat bobok doang, terus kalo pas santai di hotel aku pakai daster dan ini 1pcs juga cukup buat 1 minggu karena di hotel ber-AC jadi nggak mungkin bau dan pakenya juga jarang karena kebanyakan di masjid dan aku pakai gamis, terus pas berangkat kan pakai baju travel nah pas sampai di Madinah langsung aku cuci dan di jemur di kamar mandi buat di pakai lagi pas pulang ke Indonesia.

4. Alat solat (mukena dan sajadah tipis).
Yang ini wajib harus bawa. Tapi kalo pas sholat di masjid aku cuman pakai gamis + mukena atasan doang sama pakai kaos kaki, udah gitu doang jadi nggak usah pake bawahan mukena ribet soalnya.

5. Jilbab dan Bergo jumlah di sesuain sama bajunya.
Tapi kemaren aku kebanyakan bawa jilbab segi4, malah bergo aku nggak kepakai karena aku lebih suka pakai jilbab segi4.

6. Pakaian dalam, pantyliner.
Bawa pakaian dalem secukupnya, dan jangan lupa bawa pantyliner dan bagi wanita ini berguna banget (karena pas perjalanan kan kita pasti buang air dan kita juga harus selalu menjaga kebersihan karena kita pasti sholat di perjalanan dan harus suci, jadi tiap abis buang air selalu ganti pantyliner).

7. Legging, daleman jilbab, manset badan putih.
Legging berguna banget karena aku pakai gamis biar kalo kesingkap auratnya nggak keliatan, terus iner jilbab di pake biar nggak ada rambut yang nongol-nongol, manset badan putih juga guna banget karena kan waktu ihrom aku pakai gamis putih dan manset ini buat dobelan biar nggak semrawang.

8. Obat-obatan (obat flu, obat masuk angin, batuk, diare, multivitamin, obat pusing, tetes mata, balsem untuk pegal-pegal, minyak kayu putih, koyo).
Obat masuk angin ini aku bawa Farsifen dan ini guna banget karena pas sehari di madinah adek sama umy aku badannya mulai anget dan berasa kayak pegel-pegel setelah teratur minum Farsifen + air zam zam alhamdulillah sembuh, obat diare karena pas perjalanan jakarta-jeddah di pesawat kakak ku tiba-tiba aja diare nggak tau apa yang dia makan sebelumnya dan minum obat diare langsung 2 tablet dan alhamdulillah mampet, balsem berguna banget karena pas kita selesai melaksanakan umroh kan banyak jalannya (tawaf dan sa’i) waktu ngejalanin sih nggak berasa tapi waktu balik hotel dan istirahat baru deh tuh pegel-pegelnya berasa banget dan kaki rasanya kayak mati rasa sampek di olesin balsem panasnya pun masih kurang terus sampek aku tempelin koyo, dan intinya semua obat-obatan ini harus di bawa.

9. Sepatu sandal (kalo ini aku bawa yang crocks malindi), sandal jepit, kaos kaki warna hitam-putih-coklat, kresek buat masukin sandal kedalam tas ketika ke masjid.
Crocks malindi aku pakenya pas tour atau jalan-jalan, terus kalau sandal jepit di pakek kalo mau ke masjid sama kalo mau belanja di sekitar masjid dan jangan lupa selalu pakai kaos kaki.

10. Toiletries: sabun batang, shampo sachet, sikat gigi dan pasta gigi, facial wash, handuk kecil, lip balm, hand body, cream 21, sun block, pelembab, bedak, sisir, deodarant, tisu kering, tisu basah, kaca kecil, gunting kecil buat tahalul.
Sebenernya kalo kayak sabun, conditioner, shampo, lotion udah ada di kamar mandi hotel kalo nggak bawa dari rumah pun juga nggak papa tapi kalau sikat gigi sama pasta gigi bawa sendiri aja karena di hotel nggak ada, dan jangan lupa bawa cream 21 atau vaselin ini bener-bener berguna karena ternyata pas sampai jeddah kulit mulai berasa kering dan mulai pecah-pecah dan ini nggak terjadi sama aku doang ternyata hampir semua jamaah rombonganku mengalami hal yang sama, oh iya dan satu lagi bawa lip balm kalo perlu yang rada berminyak karena pas sampe sana juga bibirku dan semua rombongan pecah-pecah parah sampek mau ngomong kudu pelan-pelan saking sakitnya malah bibirnya kakak ku rada berdarah.

11.Kaca mata hitam, jaket tebal (bila musim dingin), masker.
Kemana-mana aku selalu pake kacamata hitam kalo pas siang hari karena mataharinya terik banget, jaket berguna kalo pas kedinginan, terus masker cuman aku pake waktu tour doang karena kebanyakan gunung dan berdebu dan oh iya aku pake pas di pesawat karena 9 jam ber-AC dan idung rasanya kayak perih-perih gitu.

12. Kalau mau nyuci sendiri jangan lupa bawa detergen bubuk atau cair.
Detergen ini aku gunain buat nyuci baju batik travel dan yang lain lain, soalnya di sono kalo mau nyari detergen takutnya ribet.

13. Hp, Camera digital, power bank, carger hp dan camdig.
Aku sebelum umrah di kasih tau sama saudara katanya kalau perempuan nggak di bolehin bawa hp ke dalem masjid, dan hari pertama aku masuk masjid nabawi emang nggak bawa hp dan di sana terbukti tiap mau masuk masjid di pintu selalu ada askar yang nge-geledah tas jamaah tp kalo menurutku nge-geledahnya nggak detail banget cuman di acak acak doang. Nah hari berikutnya aku coba bawa hp aku masukin di dompet yang ada resletingnya dan alhamdulilah dari madinah-mekkah tiap masuk masjid nggak ketauan sama askarnya.

14. Botol air minum buat ngisi air zam zam di masjid (aku bawa tupperware).
Nah kalo aku mumpung di makkah dan madinah berlimpah air zam zam tiap ke masjid aku selalu minum air zam zam dan selalu bawa botol kosong buat di isi air zam zam buat minum di hotel, kan daripada minum air mineral biasa mumpung di tanah suci mending minumnya zam zam.

15. Tas cadangan ini kalau temen-temen berencana belanja oleh-oleh karena biasanya berangkat 2 tas pulang pulang beranak jadi 4 tas hehe, dan gembok cadangan, bantal leher.
Aku bawa tas cadangan juga buat tempat oleh-oleh dan ini sangat membantu karena koper udah penuh jadinya bisa di taruh di tas cadangan tadi dan jangan lupa bawa gembok cadangan buat nge gembok tas cadangan tadi, bantal leher juga sangat di sarankan buat kalo di pesawat sama pas di bus.


Barang di Travelling Bag (masuk kabin pesawat):

A. Baju ganti 1pcs.
B. Alat sholat (mukena dan sajadah tipis) berguna kalau mau sholat di bandara.
C. Jilbab/ Bergo 1pcs, buat kalo urgent mau ganti jilbab. 
D. Satu stel pakaian dalam.
E. Jaket (kalau musim dingin) tapi juga lebih enak kalau di pakai buat ngindarin dingin di dalam pesawat.
F. Handuk kecil, carger hp dan camdig.
G.Toiletries: sikat dan pasta gigi, facial wash, bedak, sisir, deodorant, lip balm, tisu kering dan basah.

Barang di tas slempang:

1. Al-Qur’an dan buku doa.
2. Obat-obatan, di sarankan jangan yang cair ya.
3. Kacamata hitam dan masker.
4. Hp, Camera digital, power bank.
5. Dompet, paspor dan kartu kuning, tasbih digital.

Untuk yang lainnya, bisa di taruh di koper yang di taruh di bagasi pesawat. Nah ini sharing tentang barang bawaan aku kemaren, untuk kurang lebihnya bisa di sesuain sama kebutuhan masing-masing yaa :) 

- Cerita membuat paspor klik di sini ya Part 1 dan Part 2
- Suntik Meningitis di solo klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar