Memulai proses pembuatan pasport, tapi kali ini pembuatan pasport buat umroh kami di bantu tetangga sekaligus teman dekatnya kakak iparku, beliau namaya Pak Paryadi beliau bekerja di kantor imigrasi di Surakarta. Hari ini kakak janjia sama Pak Paryadi buat ketemuan di rumahku, sebelunya memang kakakku minta bantuan beliau untuk menunjukkan bagai mana cara-cara dan dokumen apa aja yang di perlukan. Bakda Maghrib Pak Paryadi sampai di rumahku, eeee alhamdulilahnya ternyata beliau sekalian membawakan formulir buat daftarnya. Yaudah sekalian kita isi aja itu formulir jadi pas kita ke kantor imigrasinya tinggal ngumpulin aja.
Syarat-syarat membuat pasport:
1. KTP asli dan fotokopi
Hasil fotokopi KTP posisinya harus atas bawah dan di perbesar, yang asli harus di bawa untuk pengecekan dokumen.
2. KK asli dan fotokopi
KK asli harus di bawa untuk pengecekan dokumen.
3. Akte Kelahiran/ Surat Nikah/ Ijazah sekolah
Pilih salah satu saja, tidak harus semuanya. Dokumen asli harus dibawa untuk pengecekan.
4. Surat ganti nama
Bagi yang pernah mengganti nama/ bagi nama yang ada aliasnya/ bagi yang semisal nama di KTP berbeda dengan di Akte kelahiran seperti salah ketik.
5. Surat Rekomendasi
Harus membawa surat rekomendasi dari biro travel.
Pas pengisian formulir di rumah semuanya berjalan lancar karena di pandu oleh Pak Paryadi, setelah kelar di isi trus di cek satu satu sama beliau. Pengisian formulirnya lancar, ehhh pas di cek syarat-syarat pembuatan pasportnya ternyata rada ribet dan banyak yang kurang apakah ituu?
Aku, Adikku fahrul dan ponakanku Nurul semua persyaratan udah bener dari KTP, KK, Akte Kelahiran, Surat rekomendasi travel agen semuanya beres.
Ibu ku juga udah lengkap dari KTP, KK, Surat Nikah, sama surat rekomendasi travel agen.
Kakak ku Yuli sama Iparku Muhar dokumen juga sudah beres ahamdulilah.
Tetanggaku yang ikut umroh bareng namanya Ibu Sartini semuanya jg beres dari KTP, KK, Surat Rekomendasi travel agen, trus karena beliau janda yang meninggal suaminya jadi surat nikahnya pun nggak ada trus di ganti dengan surat kematian dari suaminya.
Kakak ku Umi sebenarnya sih syaratnya udah lengkap jugak dari KTP,KK, Akte Kelahiran dan Surat rekomendasi travel agen tapi setelah di teliti lagi sama Pak Paryadi ternyata penulisan namanya di KTP sama di KK berbeda, mungkin petugas pas buat KTP nya salah ketik. Nah kata Pak Paryadi ini mungkin sepele tapi juga perlu di perhatikan kesamaan nama di tiap dokumennya, karena kalau kita udah sampe di kantor imigrasi dan ada yang berbeda katanya kita bakalan di suruh pulang buat ngurus perbedaan namanya itu, untungya kita di rumah jadi besoknya tiggal ngurus surat pernyataan ke Kelurahan.
Abah ternyata juga harus minta surat keterangan dari Kelurahan karena nama abahku ada aliasnya contoh: Marsuli/Jazuli jadi perli ngurus surat ganti nama ke Kelurahan, dokumen yang lain alhamdulilah sudah beres.
Sudah tau keribetannya? Ya bagi yang nama nya berbeda wajib dan kudu ngurus dan minta surat keterangan dari Kelurahan. Dan oh iya bagi yang namanya singkat alias cuman satu atau dua suku kata wajib nambah nama karena kalau umroh namanya harus tiga suku kata dan tidak di pungut biaya alias gratis.
Contohnya:
Kakek: Margidin Ayah: Marsuli jadi semisal namanya cuman Yulianti berarti penulisan namanya Yulianti Marsuli Margidin, kalau namanya Yulianti Zahra berarti penulisannya Yuliati Zahra Marsuli
Jadi jangan nambah nama sembarangan, kata Pak Paryadi harus nasab dari Ayahnya, mungkin ada yang tanya kalo di tambah nama suami? Jawabannya NGGAK BOLEH.
Untungnya juga kita di bantu Pak Paryadi coba kalo nggak? Sampe kantor imigrasi bakalan suruh pulang deh. Berarti ntar kita tinggal ngumpulin plus foto dan wawancara kalo udah kelar tinggal nunggu ambil pasportnya deh kata Pak Paryadi.
Yah mungkin segini dulu cerita pembuatan pasport umroh part 1, nanti bakalan di lanjut ke part 2 yaa..
bisa minta contact nya org imigrasi tsb mbak?nuwun
BalasHapus