Jumat, 17 Oktober 2014

Makanan Khas Madura

Kali ini aku bakalan nge share tentang makanan khas dari Pulau Madura, yup dari tanah kelahiran kedua orangtuaku ini banyak makanan-makanan yang khas. Kalo ada yang mau trip ke Madura jangan lupa nyicipin makanan ini yaa, dijamin mak nyus..mau tau makanan apa? yuk buruan cekidot.

Yang pertama ada Kuah Adun, haha lucu yah namanya. Ini merupakan makanan khas madura, biasanya kuah adun ini di hidangkan pas lebaran yah kalo orang jawa mah kayak opor gitu lah trus juga pas ada acara hajatan di madura pasti ada kuah adun ini. Bedanya sama opor itu kan kalau opor warnanya kuning nah kalau kuah adun ini warnanya oranye.

Kuah Adun ini terbuat dari santan yang di campur sama bumbu rempah-rempah gitu deh, aku juga kurang paham sama bumbunya. Trus bisa juga dicampur daging ayam, atau telur, atau daging sapi. Kuah adun buatan ummy ku yang paling mak nyus (menurutku sih hehehe), soalnya kalau ummy buat itu bumbunya pas dan enak banget. Ini nih gambarnya...

Kuah Adun dalam Panci

Kuah adun di mangkok

Yang kedua yaitu Nasi Bebek Madura, wah kalau ini jangan di tanya lagi ya karena Nasi Bebek Madura udah terkenal kemana-mana. Rasanya mantep banget apalagi bumbunya yang kinyis-kinyis ini bikin selera makan jadi nambah mulu pengennya. Biasanya kalau Nasi Bebek ini di sajikannya di temeni sama serundeng madura (bukan jawa loh ya) kalau serundeng jawa kan manis kalau serundeng madura rasanya asin bahannya juga sama dari parutan kelapa yang di bumbui terus di sangrai tanpa minyak, bikinnya juga nggak sebentar butuh waktu 2 jaman baru jadi dan itupun harus di osreng-osreng terus karena kalo nggak di gituin yang bagian bawah pasti gosong. Trus yang nggak ketinggalan yaitu sambel bawang yang pedes, uhh bakalan nambah deh kalau udah lengkap gini. Jangan lupa di icip ya kalau ke madura, eh sekarang nasi bebek Madura udah ada di mana-mana ding nggak cuman di madura. Jadi selamat menikmati ...

Nasi bebek + serundeng

Bebeknya doang

Yang ketiga yaitu Rujak madura. Yup ini rujak bukan dari buah loh yaa, ini Rujak bahnnya dari kacang, bawang putih goreng, cabai, petis (yap petis, andalannya pulau madura dan petis yang paling enak ya cuman yang asli dari madura), sedikit garam dan msg, semua bahan ini di ulek jadi satu trus abis itu baru di irisi lontong/ketupat trus di kasih sayuran biasanya sih toge, kacang panjang, trus timun, trus di irisi tahu goreng, dan campur semuanya dengan bumbu tadi. Rujak nya bisa di kasih kuah (biasanya di kasih mie rebus) trus ada yang nggak pake kuah tadi di kasih sayur. Dan taraa jadilah rujak madura, kalau di jawa kayak gado-gado gitu lah. Mau tau gimana rujak madura? nih gambarnya dan jangan lupa di icip ya kalau ke Madura.

Rujak Madura tanpa kuah
Rujak Madura dengan kuah
Cara membuat
Yang keempat yaitu Martabak Madura. Martabak ini beda sama martabak yang biasanya, karena bahan nya dari bihun nggak ada dagingnya sama sekali dan cara membuatnya pun berbeda. Kalau martabak yang biasanya di makan dengan acar, kalau Martabak Madura di makan dengan petis yang udah di bumbui sehingga tercipta rasa yang mak nyussss banget. Sekali lagi kalau ke madura jangan lupa icip ini juga ya. Pasti bakalan ketagihan, Nih gambarnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar